Keindahan dalam Kegelapan
    @Goa Cidomba


 Saya sangat menyukai kegiatan alam bebas. Menurut saya kegiatan alam bebas itu lebih menyenangkan dan lebih menantang daripada harus pergi ke mall untuk shopping atau sekedar untuk nongkrong cantik dan menghabiskan uang. Yang saya suka saat berkegiatan di alam bebas adalah setiap tempat tersebut memiliki karakteristik dan keindahan alamnya yang berbeda, dan yang paling saya suka yaitu udaranya yang masih sangat sejuk serta bersih karena masih banyaknya pepohonan yang rindang. Sangat nikmat sekali bisa menghirup udara yang masih segar sekaligus dapat melepas penatnya udara ibu kota.
Itulah hal yang paling saya suka saat berada di alam bebas daripada pergi ke mall, menurut saya itu membosankan karena objek yang saya lihat hanya berupa benda-benda mati yang terkadang membuat saya jengkel dan kesal apabila ada salah satu barang atau benda-benda tersebut yang saya sukai tetapi ternyata harganya tidak sesuai dengan kantong celana (haha sedih yee). Lebih baik kita berkegiatan adventure, murah, seru, dan pastinya gak bikin kalian semua kecewa dengan panoramanya sobat.

Proses Rigging







Di dalam Goa Cidomba

Di dalam Goa Cidomba

Akses Transportasi
Baru-baru ini saya baru saja caving di salah satu goa di Tajur, Citeureup, Jawa Barat. Nama goanya adalah Goa Cidomba. Goa Cidomba ini termasuk goa vertikal yang  memiliki ketinggian goa sekitar 15 m. Akses menuju goa ini juga cukup mudah. Kalau naik kendaraan roda dua, dari jalan Raya Bogor kita hanya tinggal lurus mengikuti jalan hingga ke arah pasar Citeureup. Dari pasar Citeureup ini kita ambil arah ke Tajur. Tidak jauh jarak dari pasar Citeureup menuju Tajur ini, hanya sekitar 30 menit.

Perijinan
Sebelum menuju Goa Cidomba ini, kita harus melakukan kelengkapan administrasi terlebih dahulu di KPA Linggih Alam yang letak sekretnya tepat di pinggir jalan Tajur. Setelah melengkapi administrasi, barulah kita bisa menuju Goa Cidomba.

Akses Menuju Goa Cidomba
-     Biasanya kami anak mapala menitipkan kendaraan yang kami gunakan di rumah Pak Eman, salah satu rumah warga di desa Tajur. Nah.. untuk menuju rumah Pak Eman ini, dari sekretariat Linggih Alam tadi kita harus memutar arah lagi untuk menuju Goa Cidomba. Tidak jauh untuk menuju rumah Pak Eman, hanya sekitar 700 meter dari Linggih Alam.
-      Setelah sampai di rumah Pak Eman, kita harus berjalan kaki selama 15 menit untuk menuju Goa Cidomba. Kontur jalanan menuju Goa Cidomba agak menanjak, karena goa ini letaknya ada di atas bukit. Oiya di Goa Cidomba ini tidak ada air, sehingga bagi kalian yang ingin datang ke ini agar membawa persediaan air yang cukup.

Semoga bermanfaat
Salam petualang

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Syarat dan Tahapan menjadi Polwan