Budaya Organisasi

Haii bloggers..
Just shared yaa hihi J Kemarin tepatnya di hari Jumat saya kuliah mata kuliah PIO (psikologi industri dan organisasi). Kemarin itu kami belajar mengenai budaya organisasi. Di dalam sebuah organisasi atau sebuah komunitas pasti memiliki budaya atau kebiasaan yang berbeda-beda. Budaya organisasi biasanya dibentuk oleh generasi pertama dalam suatu organisasi. Budaya organisasi merupakan persepsi dari orang-orang yang terdapat dalam suatu organisasi tersebut. Dalam sebuah organisasi, kita belajar bagaimana mempertahankan sebuah organisasi yang kita jalankan dapat bertahan dengan lama. Yang terpenting dalam sebuah organisasi yaitu menanamkan sifat loyalitas terhadap sesama anggota dalam suatu organisasi. 
Di pertemuan ke 2 setelah uts ini, dosen kami membuat sistem pembelajaran baru, yaitu dengan sistem diskusi kelompok. Dalam satu kelas, kami dibuat menjadi 6 kelompok dengan masing-masing kelompok terdiri atas 8 orang. Sebelumnya kami disuruh menghitung satu sampai enam untuk menentukan kelompoknya. Setelah selesai berhitung, masing-masing bergabung dengan teman yang memiliki nomer yang sama dengan kita, kebetulan saya mendapat kelompok nomer tiga.
Sebelum diskusi dimulai, dosen kami meminta untuk setiap kelompok menentukan siapa ketua kelompok, wakil ketua, dan sekretarisnya. Setelah berunding dengan kelompok, akhirnya kami memutuskan nama-nama pengurus dari kelompok kami. Ketuanya adalah Rijal, wakil ketua adalah Octa, sekretaris 1 Meri, dan saya sebagai sekretaris 2. Saya mengajukan diri sebagai sekretaris, karena dari SD saya suka sekali menjadi sekretaris.
Karena materi kemarin  mengenai budaya organisasi, maka kami ditugaskan oleh dosen kami untuk membuat sebuah poster terkait sebuah komunitas atau organisasi. Dan akhirnya kelompok kami berunding untuk menentukan komunitas apa yang akan kami datangi sekaligus wawancarai. Setelah melalui diskusi yang cukup panjang, akhirnya kelompok kami memutuskan untuk mendatangi komunitas pecinta alam “Cicera” yang ada di kampus (lebih tepatnya organisasi sih, bukan komunitas hehe)
Kenapa kami memilih organisasi tersebut? Yang pertama karena lokasinya terjangkau, kami hanya diberi waktu seminggu oleh dosen matkul tersebut untuk menyelesaikan tugas ini, yang kedua karena saya termasuk salah satu anggota muda “Cicera”, makannya jadi gampang kalau ingin mewawancarai ketua Ciceranya langsung hehe. Jam menunjukkan pukul 16.00 WIB, waktunya pulang. Tapi sebelum pulang, kelompok kami langsung menuju lokasi (Graha Cicera) untuk melakukan wawancara.
Setibanya kami di Graha Cicera, di teras Cicera ada senior Cicera dan Badan Pengawas sedang duduk-duduk di kursi. Sebelum melakukan wawancara, saya meminta izin terlebih dahulu kepada Bang Daniel selaku Badan Pengawas Cicera untuk melakukan wawancara terkait tugas PIO ini, dan akhirnya beliau pun mengizinkan.
Awalnya sih, kami maunya wawancara Badan Pengawasnya, tetapi gak lama kemudian ketua Ciceranya datang, dan kami langsung mewawancarai beliau hari itu juga. Setelah selesai wawancara kami semua pulang ke rumah masing-masing, dan untuk progress selanjutnya akan dibicarakan pada hari Senin mendatang.

Sekian
Salam Lestari Sob



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Syarat dan Tahapan menjadi Polwan