Psikodiagnostik
Belajar Yuuuk!


Haiii blogger.. udah lama ni gak sharing-sharing lagi. Kali ini aku mau berbagi sedikit ilmu yang aku tahu tentang psikodiagnostik. Langsung aja yaa, semoga bermanfaat ilmunya.

Apasih psikodiagnostik itu?
è Psikodiagnostik merupakan sebuah prosedur yang sistematis untuk memperoleh sampel perilaku, relevan yang meliputi aspek kognitif, afektif, dan fungsi interpersonal, serta untuk penilaian dan mengevaluasi sampel yang sesuai dengan standar. Tes psikologi sering digambarkan sebagai standar untuk dua alasan, baik yang mengatasi kebutuhan objektivitas dalam proses pengujian.

Apa Kegunaan Psikodiagnostik?
è Psikodiagnostik adalah alat yang dirancang untuk memperoleh informasi tentang motivasi, preferensi seseorang, sikap, minat, opini, dan reaksi karakteristik kepada orang-orang, situasi, dan rangsangan lainnya. Biasanya mereka menggunakan pertanyaan dari pilihan ganda atau jenis benar-salah

Tes psikologi sebagai alat
Cara yang baik untuk menggambarkan kesamaan antara tes dan lainnya, sederhana. Misalnya analogi antara tes dan palu. Keduanya adalah alat yang memiliki spesifik tujuan, tetapi dapat digunakan dalam berbagai cara. Sebuah palu dirancang pada dasarnya untuk menancapkan paku ke berbagai permukaan. Ketika digunakan dengan tepat, terampil, dan untuk tujuan yang tepat, palu dapat membantu membangun rumah, merakit sepotong mebel, menggantung gambar di galeri, dan melakukan banyak hal lainnya. Sama seperti alat tes psikologi yang dirancang untuk membantu dalam menarik kesimpulan tentang individu atau kelompok. Ketika tes yang digunakan tepat dan terampil, mereka dapat menjadi komponen utama dalam praktek dan ilmu psikologi.
Sama seperti palu dapat digunakan untuk tujuan yang baik selain yang mereka dimaksudkan (misalnya sebagai pemberat kertas atau doorstops), tes psikologi mungkin juga melayani tujuan lain daripada yang telah dirancang awalnya, seperti meningkatkan pengetahuan diri dan pemahaman diri. Selanjutnya, hanya palu dapat menyakiti orang dan menghancurkan hal-hal ketika digunakan secara tidak kompeten atau jahat. Begitupun tes psikologi, dia juga dapat digunakan dengan cara-cara yang merusak. Ketika hasil tes disalah artikan atau disalahgunakan, mereka dapat membahayakan orang dengan label mereka dengan cara yang dibenarkan, tidak adil menyangkal mereka kesempatan, atau hanya mengecilkan mereka.

Hubungan psikodiagnostik dalam bidang pendidikan
Psikolog sering dipanggil untuk menilai anak-anak yang mengalami kesulitan dalam atau mungkin perlu penempatan khusus di sekolahnya. Yang paling penting adalah mengevaluasi sifat dan tingkat kesulitan belajar anak, mengukur intelektual kekuatan dan kelemahan, menilai kesulitan perilaku, menciptakan pendidikan rencana, memperkirakan respon anak untuk intervensi, dan merekomendasikan perubahan program anak (Sattler, 2001).
Sekian.. Semoga bermanfaat yaa..

Sumber : Urbina, S. (2014). Essentials of Psychological Testing. Canada. Simultaneously



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Syarat dan Tahapan menjadi Polwan