Catatan Perjalanan ku : Pendakian Gunung Lawu


Hii sobat blogger & sobat petualang.. Di sini gue mau berbagi informasi buat kalian yang hobi naik gunung. Ya meskipun perjalanan ini sudah satu tahun yang lalu sih & baru gue post ceritanya sekarang hehe. Gue mau kasih sedikit informasi berdasarkan pengalaman gue naik ke Lawu terkait transportasi & perizinan sebelum naik ke Gunung Lawu. Semoga bermanfaat yaa sobat..

.........



 


 Gunung Lawu (3265 mdpl) merupakan gunung yang berada di wilayah perbatasan antara Magetan Jawa Timur dan Karanganyar Jawa Tengah. Nama asli gunung ini adalah Wukir Mahendra. Bagi masyarakat suku Jawa, Gunung Lawu disebut sebagai tempat yang paling kramat. Disebut demikian karena di sana banyak petilasan dan makam-makam peninggalan kerajaan Majapahit. Setiap malam satu suro tempat ini ramai dikunjungi orang khususnya bagi kerabat Keraton Solo dan Keraton Yogyakarta sebagai tradisi kental masyarakat suku Jawa untuk bertapa atau berziarah ngalap berkah di puncak Lawu.
Dalam pendakian Gunung Lawu ini saya tidak sendiri, melainkan satu tim CICERA UP yang terdiri dari dua orang laki-laki dan dua orang perempuan. Pendakian kami ini tentunya membawa missi yaitu dalam rangka ekspedisi 50 gunung di Indonesia sebagai persembahan di hari jadi Universitas Pancasila pada tanggal 28 Oktober 2016 yang telah memasuki usia ke-50 tahun. Kali ini saya akan sedikit berbagi cerita pendakian Gunung Lawu via jalur Cemoro Sewu.

Transportasi
Via Bus :

Perjalanan kami diawali dari Yogyakarta, tepatnya dari kampus Amikom (sekretariat Mayapala). Dari sini kami diantar oleh salah satu anggota Mayapala menuju terminal Tirtonadi Solo. Setibanya di terminal Tirtonadi Solo, kami naik bus yang ke arah Tawangmangu. Nah, untuk menuju basecamp Lawu, dari terminal Tawangmangu kita harus naik omprengan. Butuh waktu sekitar 20 menit untuk tiba di basecamp dari terminal Tawangmangu ini.

Perijinan
Tidak diperlukan izin yang khusus jika kita ingin mendaki Gunung Lawu ini. Para pendaki cukup membayar biaya tiket retribusi masuk kawasan sebesar Rp. 10.000. Di dekat pintu masuk pendakian cemoro sewu ada papan informasi yang bertuliskan informasi jalur pendakian Gunung Lawu. Oiya.. bagi para pendaki ada beberapa pantangan yang harus dihindarkan selama mendaki loh. Informasi tersebut tertera di samping pintu masuk pendakian. Para pendaki diharapkan agar selalu memperhatikan hal ini (meskipun sepele tapi ini patut diperhatikan untuk menghindari hal yang tidak diinginkan ya).

 Keep safety procedure apa pun, kapan pun, dan dimana pun kalian berada..


Salam petualang

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Syarat dan Tahapan menjadi Polwan